Selasa, 16 Oktober 2012

JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

| |


  1. Jantung
     

Ukuran jantung manusia kurang lebih sebesar kepalan tangan. Jantung adalah satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri. Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium, yang tertempel pada diafragma. Lapisan pertama menempel sangat erat kepada jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar dan berair, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung. Jantung dijaga di tempatnya oleh pembuluh-pembuluh darah yang meliputi daerah jantung yang merata/datar, seperti di dasar dan di samping. Dua garis pembelah (terbentuk dari otot) pada lapisan luar jantung menunjukkan di mana dinding pemisah di antara serambi & bilik jantung.
Secara umum fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru. Hal ini berarti bahwa fungsi jantung manusia adalah sebagai alat atau organ pemompa darah pada manusia. Pada saat itu jantung menyediakan oksigen darah yang cukup dan dialirkan ke seluruh tubuh, serta membersihkan tubuh darih hasil metabolisme (karbondioksida). Sehingga untuk melaksanakan fungsi jantung mengumpulkan darah yang kekurangan oksigen dari seluruh tubuh dan selanjutnya memompanya ke paru-paru, dengan cara darah pada jantung mengambil oksigen dan membuang karbondioksida. Pada jantung darah yang kaya akan oksigen yang berasal dari paru-paru dipompa ke jaringan seluruh tubuh Manusia.

cara kerja jantung secara umum yaitu
                otot jantung mampu berkontraksi secara otomatis. kontraksi dan relaksasi otot membuat jantung mengembang dan mengempis secara bergantian. Serambi dan bilik jantung mengembang dan mengempis secara bergantian. Kontraksi jantung menimbulkan denyutan yang dapat dirasakan pada pembuluh nadi (arteri) dibeberapa tempat. 
 


                                      
dibantu 2 pembuluh yaitu pembuluh nadi (Arteri) dan pembuluh balik (vena).
peran pembuluh nadi (arteri) sangat penting bagi jantung, yaitu untuk
membawa darah keluar dari jantung. Umumnya pembuluh nadi mengalirkan darah yang mengandung banyak oksigen. Dinding arteri lebih tebal jika dibandingkan dengan vena, dinding arteri juga lebih kuat dan elastic sehingga memungkinkan mengalirkan darah dari jantung dalam jumlah yang banyak dan kaya akan oksigen.

Mengapa denyut nadi saat istirahat dan beraktivitas berbeda?
·   Denyut nadi adalah denyutan arteri dari gelombang darah yang mengalir melalui pembuluh darah sebagai akibat dari denyutan jantung. Denyut nadi sering diambil di pergelangan tangan untuk memperkirakan denyut jantung. Jantung adalah organ vital dan merupakan pertahanan terakhir untuk hidup selain otak. Denyut yang ada di jantung ini tidak bisa dikendalikan oleh manusia
   Denyut jantung yang optimal untuk setiap individu berbeda-beda tergantung pada kapan waktu mengukur detak jantung tersebut (saat istirahat atau setelah berolahraga). Variasi dalam detak jantung sesuai dengan jumlah oksigen yang diperlukan oleh tubuh saat itu.
   Denyut Nadi Maksimal (Maximal Heart Rate) Denyut nadi maksimal adalah maksimal denyut nadi yang dapat dilakukan pada saat melakukan aktivitas maksimal seperti berlari.
Denyut nadi istirahat adalah denyut nadi yang diukur saat istirahat dan tidak setelah melakukan aktivitas. Pengukuran denyut nadi ini dapat menggambarkan tingkat kesegaran jasmani seseorang.pengukuran ini dilakukan selama 10 sampai 15 detik 


2. Pembuluh darah.
  1. Pembuluh nadi (arteri)
                        
Arteri merupakan pembuluh yang membawa darah keluar jantung. Mengangkut darah yang kaya akan O2 (Oksigen) Letak arteri agak kedalam dari permukaan tubuh. Jika arteri terluka, darah akan memancar keluar. Pembuluh ini mempunyai tiga lapisan yang tebal, sehingga mampu menahan tekanan darah yang berasal dari jantung. Denyutnya terasa hanya pada bagian tubuh tertentu, misalnya di pergelangan tangan atau daerah leher dan mempunyai satu katup dekat jantung. Katup ini berfungsi untuk menjaga agar darah tidak mengalir kembali ke dalam bilik jantung.
Pembuluh nadi yang dilewati darah adalah sebagai berikut:
1)      Pembuluh nadi besar (aorta)
Aorta adalah pembuluh yang dilewati darah dari bilik kiri jantung menuju keseluruh tubuh. Aorta bercabang-cabang, makin lama makin kecil, dan disebut pembuluh nadi (arteri). Arteri bercabang-cabang lagi makin kecil, disebut arteriola. Arteriola bercabang halus diseluruh tubuh dan disebut kapiler.

2)      Pembuluh nadi paru-paru (arteri pulmonalis)
Pembuluh nadi paru-paru adalah pembuluh yang dilewati dari bilik kanan menuju paru-paru (pulmo). Pembuluh ini banyak mengandung karbon dioksida yang akan dilepaskan ke paru-paru. Didalam paru-paru, yaitu di alveolus, darah melepas karbon dioksida dan mengikat oksigen. Dari kapiler di paru-paru, darah akan menuju ke venula, kemudian ke vena pulmonalis dan kembali ke jantung. 

  1. Pembuluh balik (vena)
                                                                                            
Merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari bagian atau alat-alat tubuh menuju jantung. Vena terbagi atas jenis, yaitu Vena cava, Venula, dan Vena Pulmonalis. Vena cava berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung melalui serambi kanan (atrium dexter), venula merupakan vena yang berhubungan dengan kapiler, dan vena pulmonalis merupakan pembuluh vena yang mengalirkan darah yang kaya akan CO2 (karbon dioksida) dari paru-paru menuju atrium kiri.
Pembuluh balik adalah pembuluh yang membawa darah kembali ke jantung, yang umumnya menggunakan karbon dioksida.
Pembuluh balik yang masuk ke jantung sebagai berikut;
1)      Vena kava
2)      Vena kava superior
3)      Vena kava inferior
4)      Vena kava pulmonalis
Tabel perbedaan antara Arteri dan Vena
No
Faktor pembeda
Arteri
Vena

1
Arah aliran

Dari jantung
Menuju ke jantung
2
Denyut

Terasa
Tidak terasa
3
Dinding pembuluh

Tebal, kuat dan elastis
Tipis dan tidak elastis
4
Jumlah katup

Satu, tepat diluar jantung
Banyak disepanjang pembuluh
5
Lokasi

Didalam jauh dari permukaan tubuh
Dekat permukaan tubuh
6
Jika terluka

Darah memancar
Darah menetes

1.      Pembuluh Kapiler (Pembuluh Rambut)

Pembuluh kapiler adalah pembuluh mikroskopik (sangat kecil) yang membentuk jalinan yang menghubungkan arteriol dengan venula. pembuluh darah terkecil di tubuh, berdiameter antara 5 hingga 10 mikrometer, yang menghubungkan pembuluh arteri dan vena, dan memungkinkan pertukaran air, oksigen, karbon dioksida, serta nutrien dan zat kimia sampah antara darah dan jaringan di sekitarnya.
Darah mengalir dari jantung ke arteri, yang bercabang dan menyempit ke arteriola, dan kemudian masih bercabang lagi menjadi kapiler. Setelah terjadinya perfusi jaringan, kapiler bergabung dan melebar menjadi vena, yang mengembalikan darah ke jantung. Dinding kapiler adalah endotel selapis tipis sehingga gas dan molekul seperti oksigen, air, protein, dan lemak dapat mengalir melewatinya dengan dipengaruhi oleh gradien osmotik dan hidrostatik. Ibnu an-Nafis adalah tokoh pertama yang menteorikan adanya pembuluh darah kapiler dan teorinya itu dibuktikan oleh Marcello Malpighi. Pada beberapa daerah tubuh, terutama pada ujung-ujung jari dan ibu jari, terdapat hubungan langsung antara arteri dan vena tanpa diperantai kapiler. Tempat hubungan seperti ini dinamakan anastomosis arteriovenosa
                          
                                  

Sumber : Biologipedia. Excellence in biology








0 komentar:

Ir arriba

Poskan Komentar

Blog List

My Blog List

About this blog




Visitors ulun...

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger news


Pages

Uswatun Nida saima. Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Translate

About Me

Foto Saya
Annida SaimaRamadhani
I love science and obsessed by amazing nature

Lihat profil lengkapku

Followers

About Me

Foto Saya
Annida SaimaRamadhani
I love science and obsessed by amazing nature

Lihat profil lengkapku
 
 

Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
Ir Arriba