Selasa, 02 Oktober 2012

FUNGSI DAN KOMPOSISI DARAH

| |


1.    FUNGSI DARAH

Keberadaan darah dalam tubuh mempunyai arti penting bagi kehidupan seseorang. Hal ini disebabkan darah mempunyai beberapa fungsi penting sebagai berikut.
a. Darah Berfungsi Untuk Mengangkut Oksigen dari Paru-Paru ke Seluruh Jaringan Tubuh
                Kandungan oksigen dalam darah antara 0,36% – 20%. Meningkatnya kadar oksigen dalam darah karena adanya ikatan oksigen dengan hemoglobin. Namun, hemoglobin juga mampu mengikat karbon monoksida yang bersifat racun. Gas ini biasa dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor. Jika gas ini terhirup dan berikatan dengan hemoglobin, kandungan oksigen dalam darah menurun. Keadaan ini dapat memberikan dampak bagi kesehatan tubuh.

b. Darah Berfungsi Untuk  Mengangkut Sari-Sari Makanan dari Usus ke Jaringan Tubuh
            Sari-sari makanan seperti asam lemak, asam amino, dan monosakarida masuk ke dalam sistem sirkulasi melalui kapiler yang berada di villi usus halus. Sari-sari makanan ini diangkut menuju ke dalam sel-sel tubuh. Sari-sari makanan ini untuk metabolisme, aktivitas, dan membentuk sel-sel atau jaringan yang baru.

c. Darah Berfungsi Untuk Mengangkut Karbon Dioksida dari Jaringan Tubuh ke Paru-Paru
              Karbon dioksida hasil respirasi sel dilepas dari plasma dan masuk ke dalam dinding kapiler secara difusi, kemudian dibawa ke paru-paru untuk dibuang. Karbon dioksida yang ada dalam darah antara 2,7% hingga 60%. Sebagian karbon dioksida membentuk hidrogen karbonat atau bikarbonat berupa ion (HCO3–) yang diangkut ke plasma dan sel darah merah. Di paru-paru, hidrogen karbonat diuraikan menjadi air dan karbon dioksida. Karbon dioksida dalam pembuluh kapiler secara difusi masuk ke dalam alveolus paru-paru.

d. Darah Berfungsi Untuk Mengangkut Hasil Ekskresi dari Jaringan Tubuh ke Ginjal
           Tubuh dalam melakukan metabolisme menghasilkan zatzat sisa yang bersifat racun, misalnya urea dan asam urat. Zat sisa ini oleh darah diangkut ke ginjal untuk menjalani beberapa proses agar bisa dikeluarkan dari tubuh.

e. Darah Berfungsi Untuk Mengatur dan Mengontrol Temperatur Tubuh
Tubuh saat beraktivitas akan melepaskan panas. Panas yang dihasilkan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah sehingga di seluruh tubuh terdapat kesamaan temperatur. Jika udara di lingkungan dingin, maka pembuluh kapiler akan menciut untuk menghemat panas tubuh. Ketika udara di lingkungan panas, maka pembuluh kapiler akan melebar dan aliran darah semakin cepat sehingga panas tubuh dapat diedarkan ke seluruh tubuh.


f. Darah Berfungsi Untuk  Mengatur Distribusi Hormon

           Di dalam tubuh terdapat kelenjar yang menghasilkan hormon. Hormon ini diangkut oleh plasma dan dikirim ke bagian tubuh yang memerlukannya.




2.      KOMPOSISI DARAH
Darah tersusun atas bagian yang cair (plasma darah) dan bagian yang padat (sel darah). Plasma darah terdiri atas serum dan fibrinogen. Sel darah terdiri atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keeping darah (trombosit). 

a.      Plasma darah
      Plasma darah merupakan cairan darah berwarna kekining-kuningan yang mengandung 90% air dan zat-zat terlarut. Plasma darah berfungsi untuk mengatur tekanan osmosis darah, membawa zat-zat makanan ke seluruh tubuh, dan mengangkut zat-zat sisa metabolisme dari jaringan tubuh. Didalam plasma darah terdapat fibrinogen yang berperan dalam proses pembekuan darah. Jika terjadi luka fibrinogen akan membentuk benang-benang fibrin. Benang fibrin akan membentuk jaring seperti jala yang berfungsi untuk menjaring sel darah dan menutup luka. Jika plasma darah dipisahkan dari fibrinogen, akan membentuk cairan berwarna kuning. Cairan ini disebut serum. Serum mengandung antibodi yang berguna untuk membunuh benda asing yang masuk kedalam tubuh.

b.      Sel darah merah (Eritrosit)
      Eritrosit merupakan sel darah yang paling banyak jumlahnya dibandingkan dengan leukosit maupun trombosit. Setiap 1mm3 darah mengandung 5-6 juta eritrosit. Eritrosit dibentuk di sumsum tulang. Bentuk eritrosit pipih, tidak berinti, dan cekung pada kedua sisinya (bikonkaf). Eritrosit berwarna merah karena mengandung hemoglobin, yaitu suatu pigmen merah yang mengandung zat besi. Ketika darah melewati paru-paru, oksigen terikat pada hemoglobin. Kemudian eritrosit bergerak ke jaringan tubuh dan melepaskan oksigen yang selanjutnya berdifusi ke dalam sel tubuh. 




Fungsi dari sel darah merah sendiri yaitu untuk pengangkutan O2 atau CO2 oleh hemoglobin, regulasi tau pengaturan kesimbangan asam dan basa, serta mengkatalis reaksi antara CO2 dan H2O. 

a.                                                  c.   Sel darah putih (Leukosit)
Leukosit mempunyai inti , bentuknya tidak tetap, dapat bergerak secara amoeboid, dan dapat menembus dinding kapiler. Keluarnya leukosit dari pembuluh darah kapiler disebut diapedosis. Leukosit berumur 12-13 hari. Setiap 1mm3 darah mengandung 5000-10000 leukosit dan jumlahnya akan meningkat jika terjadi infeksi. Leukosit ada 5 jenis yaitu : 


Leukosit berfungsi untuk melindungi tubuh dari kuman-kuman penyakit dengan berbagai cara, misalnya monosit dan neutrofil membakar bakteri atau kuman penyakit yang masuk kedalam tubuh dan limposit menghasilkan zat antibody. Leukosit dibentuk didalam sum-sum tulang, limpa dan kelenjar getah bening. Keadaan leukosit yang melebihi jumlah normal disebut leukositosis dan sebaliknya jika kurang dari normal disebut leukopeni.


a.    Keping darah (Trombosit)
Trombosit terbentuk tidak terarur dan tidak memiliki inti sel. Umur trombosit hanya 7-9 hari dan jumlahnya berkisar 250 ribu/ mm3 darah. Trombosit berperan dalam proses pembekuan darah. Trombosit yang pecah akan mengeluarkan enzim trombokinase (pengaktif protrombin). Enzim ini akan mengubah protrombin menjadi thrombin dengan bantuan kalsium  dan vitamin K. kemudian  trombin akan merangsang fibrinogen untuk menghasilkan benang- benang fibrin. Kumpulan benang ini akan membentuk struktur seperti jala yang dapat menjaring sel merah sehingga tidak keluar dari pembuluh darah yang terluka. Seraca singkat, proses pembekuan darah dapat digambarkan sebagai berikut :










0 komentar:

Ir arriba

Poskan Komentar

Blog List

My Blog List

About this blog




Visitors ulun...

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger news


Pages

Uswatun Nida saima. Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Translate

About Me

Foto Saya
Annida SaimaRamadhani
I love science and obsessed by amazing nature

Lihat profil lengkapku

Followers

About Me

Foto Saya
Annida SaimaRamadhani
I love science and obsessed by amazing nature

Lihat profil lengkapku
 
 

Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
Ir Arriba