Sabtu, 22 September 2012

Keistimewaan Air Susu Ibu (ASI)

| |


A.  Keistimewaan Air Susu Ibu (ASI)
Sesuatu yang sungguh luar biasa dalam kehidupan manusia adalah ketika bayi yang baru lahir diletakkan bertelanjang dengan  kulit kontak kulit diperut atau didada ibunya. Ia menunjukkan kemampuan yang sungguh luar biasa. Bayi itu dengan pelan merayap, disertai dengan sentuhan kasih sayang ibunya, ia bergerak perlahan menendang perut dan menggapai buah dada ibunya. Ia membuka mulutnya mungil, menggerak-gerakkan kepalanya, dan akhirnya bayi itu menyusu, satu kehidupan telah dimulai.
Ada banyak keistimewaan dari ASI. Dengan memahani pentingnya ASI, diharapkan lebih banyak kaum ibu yang ingin memberikan ASI untuk buah hatinya. Karena Allah pun telah menyeru kapada para ibu yang memiliki bayi agar memberiakan ASI kepada buah hatinya agar anak tersebut menjadi anak yang cerdas dan sehat. Allah berfirman dalam kitab suci Alquran pada surah  
Al Baqarah ayat ke 233:
233.  Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. dan kewajiban ayah memberi makan dan Pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan Karena anaknya dan seorang ayah Karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, Maka tidak ada dosa atas keduanya. dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, Maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. bertakwalah kamu kepada Allah dan Ketahuilah bahwa Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.
Adapun keistimewaan pemberian ASI yang telah dianugrahkan Allah melalui perantara ibu diantaranya adalah :
1.             ASI adalah cairan hidup
     ASI menagandung daya tahan tubuh dan enzim-enzim yag dibutuhkan tubuh bayi dalam proses pencernaan makanan. Dengan begtiu, nutrien yang masuk sebagiab besar akan terserap oleh tubuh bayi
         Berbeda dengan susu formula yang diistilahkannya sebagai cairan mati, penyerapan nutriennya sangat tergantung pada enzim penyerapan yang jumlahnya dalam usus bayi masihlah sedikit. Asal tahu saja, 1 sendok teh kolostrum memiliki nilai gizi sesuai dengan kurang lebih 30 cc formula. Usus bayi dapat menyerap satu sendok teh kolostrum tanpa ada yangterbuang, sedangkan untuk 30 cc susu formula yang diisapnya, hanya satu sendok teh sajalah yang dapat dapat diserap ususnya. Sisa usus formula yang tidak terserap akan menjadi sampah dalam usus bayi.
2.             Menyusui bukanlah sekedar memberi makan, tapi juga mendidik anak
          Sambil menyusui, eluslah si bayi dan dekaplah dengan hangat. Tindakan ini sudah dapat menimbulkan rasa aman pada bayi, sehingga kelak ia akan memiliki tingkat emosi dan spiritual yang tinggi. Ini menjadi dasar bagi pertumbuhan manusia menuju sumber daya manusia yang baik dan lebih mudah untuk menyayangi orang lain.
3.        Kolostrum memiliki daya tahan tubuh 17-20 kali lebih baik dibanding ASI   berikutnya
               Jumlah kolostrum memang tidak banyak. Kolostrum hanya tersedia mulai hari pertama hingga maksimal hari ketiga atau keempat, menyusui tidak menyusui, kolostrum tetap ada. Setelah itu, keluar susu peralihan.
Pada hari pertama mungkin hanya diperoleh 30 cc. Namun, dalam setiap tetesnya terdapat berjuta-juta satuan zat antibodi. SigA adalah antibodi yang hanya terdapat dalam ASI. Kandungan SigA dalam kolostrum pada hari pertama adalah 800 gr/100 cc. Selanjutnya mulai berkurang menjadi 600 gr/100 cc pada hari kedua, 400 gr/100 cc pada hari ketiga, dan 200 gr/100 cc pada hari keempat.
4.        Ibu menyusui dapat mengonsumsi apa saja, kecuali rokok, minuman keras, dan narkoba.
                 Ada sebagian orang berpendapat, ibu menyusui jangan makan sambal nanti bayinya mencret. Atau, jangan minum es nanti bayinya batuk. Pendapat ini tidak benar. Tidak ada larangan makanan yang mutlak bayi ibu menyusui. Tapi, memang ada sebagian bayi yang  tidak  kuat terhadap makanan tertentu. Ini biasanya ditandai dengan mencret pada bayi. Untuk menghindarinya, ibu cukup tidak mengonsumsi makanan tersebut.
5.        Agar produksi ASI optimal, ibu harus berfikir positif bahwa ia mampu memberikan ASI.
                 Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI nya akan melimpah. ASI diproduksi sesuai permintaan. Bila bayi membutuhkan 100 cc maka ASI akan diproduksi sebanyak 100 cc pula. Jadi, jangan takut ASI nya tidak mencukupi kebutuhan si bayi karena Allah telah memberikan jumlah yang pas (tidak kurang dan tidak berlebihan) pada ASI.
6.      Kebutuhan cairan bagi ibu yang menyusui  akan di atur oleh tubuh ibu itu sendiri.
                 Bila ibu butuh cairan, pasti akan itmbul rasa haus, kalau ada anggapan harus banyak minum dapat menghasilkan ASI yang banyak, itu semua hanyalah mitos. Karena dengan adanya ASI pada payudara ibu membuat kadar kehausan pada ibu berkurang. Allah menciptakan ASI selain berguna bagi si bayi ternyata ASI juga dapat mengurangi rasa haus pada si ibu.
7.        ASI tak bakalan basi
                 ASI selalu diproduksi oleh pabriknya di wilayah payudara Bila gudang ASI telah kosong. ASI yang tidak dikeluarkan akan diserap kembali oleh tubuh ibu. Jadi, ASI dalam payudara tidak pernah basi dan ibu tak perlu memerah dan membuang ASInya sebelum menyusui.
8.        Wilayah aerola cukup dibersihkan dengan ASI
                 Sebelum menyusui, jangan bersihkan aerola (daerah gelap sekitar puting) dengan air. Gunakan ASI, karena didalam ASI Allah telah memberikannya kandungan antibodi yang secara otomatis akan langsung membersihkan aerola.

9.         ASI menjadikan anak lebih pandai
            Menurut penelitian pada tahun 1997, kepandaian anak yang minum ASI pada usia 9,5 tahun mencapai 12,9 poin lebih tinggi daripada anak-anak yang minum susu formula.

1.        Menyusui dapat dilakukan hingga anak berusia 2 tahun.
            Menyusui dengan ASI sampai dengan usia anak mencapai 2 tahun masih mampu memenuhi  kebutuhan kalori,  kebutuhan protein, 45% kebutuhan akan vitamin A dan 90% kebutuhan akan vitamin C.
                   Adapun keistimewaan lain dari ASI adalah :
*      ASI melindungi bayi terhadap banyak penyakit seperti diare, pneumonia, diabetes dan kanker.
*      Dengan menghisap ASI, bayi menjadi dekat dengan ibu, membantunya merasa aman dan dilindungi.
*      ASI selalu segar, bersih dan siap unutk diserap tubuh.
*      ASI membantu rahim ibu berkontraksi setelah melahirkan sehingga melambatkan pendarahannya.
*      ASI mencegah ibu untuk menjadi hamil lagi dengan cepat.
*      ASI melindugi ibu dari pengeroposan tulang (osteoporosis) dan
beberapa jenis kanker dikemudian hari.
*      ASI tidak memerlukan biaya tambahan, sepenuhnya gratis.
B.      Faktor yang menyebabkan bayi mampu melakukan inisiasi menyusui dini
                   Setiap bayi yang baru lahir telah diberikan Allah kemampuan ainstinktif untuk mencari, menemukan dan menghisap puting susu ibunya. Gerakan bayi selama proses inisiasi menyusui dini berlangsung, dihubungkan dengan aktifitas syaraf sensoris dan motoris. Syaraf pusat, serta komponen neuroendokrin langsung atau tidak tangsung bayi mampu melakukan gerakan untuk mempertahankan kehidupan dalam dunianya yang baru. Hal ini terjadi secara alami, sebagaimana bayi-bayi dari makhluk-makhluk golongan mamalia lainnya.

1.      Syaraf-syaraf sensoris.
1.1  penciuman
dibandingkan dengan buah dada yang sudah di cuci, ternyata bayi-bayi lebih menyukai buah dada ibunya yang tibak di cuci (varendi et al, 1994.)
1.2  visual  
illingworth (1987) menyebutkan bahwa bayi baru lahir sudah dapat melihat benda-benda yang berwarna kehitaman. Bayi baru lahir juga dapat mengenali wajah ibunya (Bushnell et al.1989), dan dapat mengikuti dengan jarak yang dekat (Brazelton dan Cramer, 199).
1.3. pengecapan
Menurut Klaus dan kennel (2001), cairan omnion di tangan bayi berpera dalam proses pengecapan dan pengisapan.
1.4. pendengaran
Bayi baru lahir lebih menyukai suara ibunya. Dan ia akan minum lebih lama pada waktu mendengar suara itu (DeCasper dan Pifer, 1980 : Pifer dan Moon. 1994). Suara detak jantung ibu yang ritmis akan lebih menenangka bayi (Salk L. 1960 : Salk L. 1962).
2.      Syaraf Motoris :
2.1. Orofisial
Kurang lebih 20 – 30 menit, mulut bayi mulai mengecap-ngecap dan kadang menghisap-hisap jari tangannya. Setelah berhasil sampai ke puting susu, bayi mulai menetek yang kadang sampai 20 menit (Rigard & Alade 1990).

            2.2. gerakan kaki
       Tendangan kaki yang bergerak secara reflektoris, memebantu mendororng bayi dari perut ibu untuk bergerak ke dada mendekati buah dada ibunya. Dorongan-dorongan kaki ke perut ibu ini ikut membantu pelepasan plasentadan mengurangi resiko pendarahan pasca salin.(Klaus and Kennel, 2001).
2.3. gerakan tangan
Gerakan tangan bayi dibuah dada ibunya, seperti mamijat buah dada ibunya dan akhirnya akan merangsang pengeluaran hormon oksitoksin (hormon yang dihasilkan neurohipofisa, bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinsing rahim selama coitus dan melahirkan) yang selanjutnya merangsang pengeluaran hormon prolaktin (dihasilkan hipofisa pars anterior, mendorong pertumbuhan kelenjar susu untuk menghasilkan air susu, bersama FSH dan LH ikut memelihara aktivitas gonad).(Klaus and Kennel, 2001)
2.4. komponen neuroendokrin
a. Oksitosin (“Love hormon”)
- kontraksi uterus
- mempercepat pengeluaran plasenta
- mencegah pendarahan
- membuat ibu merasa lebih tenang, rileks, merasa lebih sayang
- membantu pengeluaran hormon usus
Menaikkan suhu tubuh (flushing)

1.      Komponen syaraf
Dari rekaman otak bayi baru lahir ternyata mereka tetap menjaga beberapa saat setelah lahir, sampai kurang lebih 15 menit yang semakin menurun sampai 150 menit, kemudian tertidur.(Widstorm et el. 1987).
C.           Manfaat menyusui bagi bayi dan ibu
Seluruh ciptaan Allah yang ada di langit dan di bumi pasti  sangat bermanfaat dan berguna bagi seluruh makhluk, tergantung bagaimana kita menggunakannya. Karena Allah telah berjanji di dalam Alquran bahwasanya Dia tidak akan menciptakan sesuatu apabila tidak bermanfaat. Jadi dapat kita simpulkan bahwa seluruh ciptaan Allah mempunyai kegunaan yang luar biasa.
Begitu pula dengan di ciptakanNya Asi yang merupakan Anugrah melalui perantara ibu. Asi ini memberikan banyak manfaat, baik itu bagi si bayi maupun ibu.
1.      Untuk bayi
1.1. Kehangatan
Christenson et al (1992)melaporkan bahwa di bandingkan bayi-bayi yang diletakkan dalam  boks ternyata bayi-bayi yang kontak kulit dengan kulit ibunya mempunyai suhu tubuh yang lebih hangat dan stabil.
1.2.Kenyamanan
Ternyata bayi-bayi yang di lakukan inisiasi dini lebih jarang menangis dibandingkan dengan bayi-bayi yang dipisahkan dari ibunya (Christenesson et al,1992).
1.3.Adaptasi metabolik
Bayi-bayi yang disusui selama kurang lebih 90 menit, mempunyai kadar gula darah dalam batas normal serta asidosis transien yang lebih pendek (Christenesson et al,1992).
1.4.Kualitas perlekatan
Dibandingkan dengan bayi yang dipisahkan dengan ibunya, bayi-bayi yang disusui mempunyai kemampuan perlekatan mulut yang lebih baik pada waktu menyusu (Rigard and Alade, 1990)
2.      Untuk ibu 
Salah satu manfaat menyusui bagi ibu adalah membantu pelepasan plasenta yang lebih cepat akan mengurangi resiko terjadinya pendaraha pasca kelahiran.

0 komentar:

Ir arriba

Poskan Komentar

Blog List

My Blog List

About this blog




Visitors ulun...

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger news


Pages

Uswatun Nida saima. Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Translate

About Me

Foto Saya
Annida SaimaRamadhani
I love science and obsessed by amazing nature

Lihat profil lengkapku

Followers

About Me

Foto Saya
Annida SaimaRamadhani
I love science and obsessed by amazing nature

Lihat profil lengkapku
 
 

Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
Ir Arriba